Skip to main content
PMB UNISA

Majelis Kesehatan PWA Mengadakan Pelatihan Kader Qaryah Thayyibah

Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah `Aisyiyah (PWA) mengadakan Pelatihan Kader Qaryah Thayyibah di kampus Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta, Sabtu (31/3).

Kegiatan yang masuk dalam  rencana program Majelis Kesehatan pasca musyawarah pimpinan wilayah (musypimwil), adalah berfokus pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya perempuan, bayi, anak yang berbasis pelayanan kesehatan  di komunitas berdasar spirit al-maun.

Sulistyaningsih, SKM.,M.H.Kes dan Anjarwati, S.SiT., MPH. didapuk sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, adapun materi yang disampaikan yaitu peningkatan dan pengembangan kesadaran kaum perempuan mengenai kesehatan reproduksi, Keluarga Berencana (KB), serta  kesadaran, sikap dan perilaku masyarakat mengenai gizi seimbang dalam pencegahan Stunting.

Peserta yang hadir dalam pelatihan kader meliputi perwakilan ibu- ibu anggota dari Pimpinan Daerah (PD), Pimpinan Cabang (PC), dan Pimpinan Ranting (PR) `Aisyiyah  Yogyakarta.

Sulistyaningsih menghimbau setiap anggota PR, PC,PD dan PW `Aisyiyah bisa melakukan pelatihan dan penyuluhan literasi label halal dan kandungan gizi pada pangan kemasan, selain itu agar di sosialisasikan ke anggota dan warga sekitar.

Adapun agenda yang dibahas dalam kegiatan ini meliputi :

  1. Meningkatkan kesadaran dan kemauan masyarakat untuk pencegahan penyakit pada bayi dan balita.
  2. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengendalian dan pencegahan penyakit menular TB-HIV, dan penyakit menular lainya.
  3. Peningkatan dan pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam pencegahan penyakit tidak menular (PTM).
  4. Meningkatkan kualitas amal usaha, pengembangan klinik dan rumah sakit.
  5. Meningkatkan pendirian amal usaha kesehatan yang inovatif untuk kesehatan lansia.

Meningkatkan sinergi amal usaha kesehatan `Aisyiyah dan Muhammadiyah untuk mewujudkan 1 klinik setiap PDA (bersinergi dengan program 1000 Klinik Muhammadiyah).

QR Code