Prodi TI UNISA adakan Workshop Pembuatan Aplikasi Android

Science Tech Day 3 terus berlanjut, setelah mengadakan workshop Laravel Framework, kini Program Studi Teknologi Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas `Aisyiyah Yogyakarta Kamis, (16/1) mengadakan workshop Membuat Aplikasi Android Menggunakan App Inventor, yang merupakan program lanjutan dari workshop sebelumnya.

App Inventor merupakan sebuah aplikasi open source yang tersedia dalam versi web dan offline. AppInventor awalnya disediakan oleh Google, dan sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Untuk memfasilitasi minat dan perkembangan teknologi, Program Studi Teknologi Informasi Unisa Yogya mengadakan workshop pembuatan aplikasi Android dengan App Inventor, yang merupakan salah satu perangkat lunak yang banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi berbasis Android.

Materi Workshop diisi oleh M. Ismail Nawri Nasution, S.Kom staff Pusat Data Sistem Informasi Unisa Yogya, Ismail menjelaskan bahwa App Inventor memungkinkan pengguna untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi Android tanpa coding, karena App Inventor menggunakan antarmuka grafis yang memungkinkan pengguna men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android.

Menurut Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Unisa, Hapsari Wahyuningsih, ST, M.Sc, adanya workshop ini diharapkan mampu menumbuhkan minat para siswa siswi SMU/SMK untuk melakukan eksplorasi dan mengembangkan aplikasi berbasis Android.

“Teknologi informasi menjadi salah satu segmen yang selalu berkembang, sehingga diperlukan talenta-talenta muda yang mampu membuat aplikasi yang bagus dan berkualitas,” ucap Hapsari.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 80 siswa SMK/SMA dan MA dari seluruh Yogyakarta.