Sebagai Sekolah Kader Muhammadiyah STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta Gelar Baitul Arqam

Stikes ‘Aisyiyah merupakan salah satu bentuk amal usaha organisasi ‘Aisyiyah yang ditetapkan sebagai sekolah kader dan dikelola langsung oleh pimpinan pusat ‘Aisyiyah. Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kesehatan unggulan, sebagai realisasi strategis dari visi dan misi ‘Aisyiyah. Adapun visi dari Perkderan mahasiswa di STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta adalah menjadikan ajaran Islam sebagai sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan profesi dan kepribadian mahasiswa serta mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin. Misi perkaderan mahasiswa adalah Membina mahasiswa agar selalu beriman, bertakwa, berilmu dan berakhlak mulia serta menjadikan ajaran Islam dalam perspektif Muhammadiyah sebagai landasan berfikir dan berperilaku dalam pengembangan profesi. Membina mahasiswa menjadi kader Muhammadiyah ‘Aisyiyah

            Dalam upaya pencapaian visi dan misi tersebutlah maka STIKES ‘Aisyiyah melakukan perkaderan pada setiap semesternya. Perkaderan yang dilakukan ada yang berdiri sendiri berupa baitul arqam (BA) dan ada yang berupa mata kuliah Agama Islam Kemuhammadiyahan (AIK) yang harus ditempuh oleh mahasiswa. Baitul Arqam adalah salah satu bentuk/model perkaderan ‘Aisyiyah yang berorientasi pada pembinaan ideologi dan kepemimpinan untuk membentuk kesamaan dan kesatuan sikap, integritas, wawasan dan cara berpikir dan bertindak di kalangan pimpinan dan anggota, dalam mewujudkan visi dan misi ‘Aisyiyah.

Februari ini, STIKES ‘Aisyiyah telah melakukan kegiatan perkaderan bagi mahasiswa semester 1 (19/2) dalam bentuk Baitul Arqam Dasar dan mahasiswa semester 7 (24-25/2) dalam bentuk baitul arqam purna.   Baitul Arqam Dasar meliputi  pemahaman mahasiswa tentang pelaksanaan ibadah praktis, mahasiswa dapat melaksanakan ibadah sehari-hari sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah, pemahaman mahasiswa tentang Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah.

 Baitul Arqam Purna meliputi pemantapan ideologi Muhammadiyah/’Aisyiyah mahasiswa, pemantapan kesatuan sikap, integritas, wawasan, cara berfikir, dan bertindak dalam mengemban visi dan misi Muhammadiyah/ ‘Asiyiyah. Materi yang disampaikan pada kegiatan yang digelar di kampus STIKES ‘Aisyiyah ini merupakam materi yang telah disesuaikan dengan kurikulum PP’A Majelis Pembinaan Kader. (sin)