Aplikasi Game Karya Dosen Unisa Yogya di PIK-R MAN 2 Yogyakarta

Dosen Universitas `Aisyiyah Yogyakarta melakukan pengabdian masyarakat dengan membuat aplikasi game di PIK-R MAN 2 Yogyakarta, Senin (05/10).

Program Generasi Berencana (Genre) merupakan program untuk menyiapkan remaja agar memiliki perencanaan kehidupan berkeluarga dan masa depannya.  Pendidikan kesehatan reproduksi merupakan metode yang dapat meningkatkan kesehatan khususnya kesehatan reproduksi remaja. Namun kendala yang ditemui saat ini adalah metode yang digunakan dalam bentuk ceramah sehingga cenderung membosankan dan waktu yang tidak efisien karena harus bergantian dalam mencoba permainan tersebut, maka perlu dirancang metode lain seperti simulasi permainan berbasis tekhnologi sehingga lebih efektif dan tidak monoton. Mitra PKM adalah PIK-R MAN 2 Yogyakarta yang merupakan salah salah satu dari 5 Sekolah yang sudah menerapkan program Genre-Kit.

Tujuan PKM ini adalah mengoptimalkan penggunaan Inovasi Aplikasi Game Edukasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi, dengan memberi nama aplikasi game tersebut “Si Muka Kasep” untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi.

Sadr Lutfi Mufreni, S.Kom., M.Sc. selaku dosen yang melakukan PKM mengatakan bahwa sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi Si Muka Kasep, dalam proses kegiatan ekstrakurikuler PIK-R di MAN 2 Yogyakarta dengan  guru BK, pendidik sebaya atau konselor sebaya.

“Sebelumnya kami juga sudah melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum kita memutuskan untuk membuat aplikasi game ini,” ucap Sadr.

Sadr menambahkan bahwa di era ini adalah dimana hampir seluruh kalangan menggunakan gadget di kehidupan sehari-hari. Remaja sangat senang bermain game, mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari untuk bermain game sehingga dimunculkanlah inovasi game edukasi pendidikan kesehatan reproduksi yang diharapkan dapat meningkatkan antusias siswa dalam mendapatkan informasi pendidikan kesehatan reproduksi dan dapat dengan mudah digunakan oleh semua remaja hanya dengan cara mengunduh aplikasi Si Muka Kasep dari aplikasi store.

QR Code