Skip to main content
PMB UNISA
pelatihan medsos

Humas UNISA Gelar Pelatihan Pengelolaan Medsos dan Website

Humas UNISA Gelar Pelatihan Pengelolaan Medsos dan Website

pelatihan medsos
pelatihan medsos

Biro Humas dan Protokol (BHP) Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta mengggelar pelatihan pengelolaan media sosial dan website, di kampus UNISA, Selasa (6/2).

Wakil Rektor I UNISA Yogyakarta, Taufiq Qurahman, P.h.D.,  dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan agenda strategis untuk syiar UNISA melalui website dan media sosial. Saat ini UNISA dalam massa transisi atau re branding dari sekolah tinggi menjadi universitas, sehingga perlu usaha keras untuk mengenalkan brand UNISA di mata publik.

Era sekarang merupakan eranya generasi Z dimana mereka banyak pengalaman dengan dunia media sosial dan kita sebagai institusi pendidikan mesti mengimbangi itu salah satunya adalah dengan pelatihan ini.

Sementara itu narasumber Erwan Sudiwijaya, S.Sos., MBA., menjelaskan bahwa dalam pengelolaan media sosial  layaknya kita mengelola suatu media, misalnya harus menentukan rubrik/tema setiap minggunya. Selain itu untuk meningkatkan interaksi di medsos, pengelola harus mengetahui siapa audiensnya dan apa kebutuhannya sehingga bisa menciptakan konten-konten yang sesuai dengan kebutuhan atau tepat sasaran.

Lebih lanjut Erwan berbagi tips agar media sosial di Universitas dapat meningkatkan citra di mata public antara lain dengan dialog; interaksi dan fast respon bila ada keluhan/complain; melakukan silaturahmi dengan admin prodi, biro atau fakultas; pemantauan dan penuhi kebutuhan informasi.

Selanjutnya narasumber pengelolaan sub domain website dari Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI) UNISA,  Ikhwan Hawariyanta, ST., menjelaskan tentang cara mengupdate website hingga pengetahuan tentang Search Engine Optimization (SEO).

QR Code