Skip to main content
PMB UNISA

Penulis Makalah Terbaik diraih Dosen Arsitek UNISA

Penulis Makalah Terbaik diraih Dosen Arsitek UNISA

Dosen program studi Arsitek Universitas `Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta Iwan Darmawan, S.T., M.Sc mendapatkan penghargaan sebagai penulis makalah terbaik, dalam acara seminar nasional yang diadakan oleh Universitas Islam Indonesia (UII), Rabu (31/1).

Makalah yang berhasil meraih predikat terbaik dalam seminar nasional dengan tema Sustainability in Architecture itu diberi judul Penerapan Arsitektur Bambu Untuk Pengembangan Kawasan Desa Wisata yang Berkelanjutan.

Iwan Darmawan menuturkan bahwa desa yang ingin dikembangkan sebagai desa wisata yaitu desa wisata Turgo yang terletak di Kabupaten Sleman. Selain letaknya berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Merapi yang merupakan kawasan konservasi flora dan fauna endemic Merapi, desa Turgo termasuk cluster budidaya tanaman bambu, dimana bambu sudah ditetapkan sebagai komoditas unggulan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Kabupaten Sleman.

Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh Iwan selaku peneliti untuk mengembangkan desa wisata tersebut, salah satunya belum adanya konsep pengembangan dusun Turgo, serta potensi yang ada belum dikembangkan sebagai daya tarik wisata.

Dari situ dalam penelitianya Iwan ingin memanfaatkan bambu yang ada di desa Turgo sebagai perencanaan bangunan dan lingkunganya, untuk mewujudkan potensi- potensi yang terdapat di kawasan tersebut melalui pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

“Konsep berkelanjutan bagi masyarakat Dusun Turgo dapat dicapai melalui karya desain arsitektur yang mengedepankan potensi lokal yang dimiliki yaitu bambu,” ucap Iwan.

QR Code