Prodi Kebidanan UNISA Yogyakarta Menyelenggarakan Webinar Kebidanan ke-1

Program Studi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas `Aisyiyah Yogyakarta bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ranting Unisa Yogyakarta mengadakan webinar kebidanan, Senin (29/06).

Webinar kebidanan ke- 1 ini mengusung tema Manajemen Stress Pada Tenaga Kesehatan Selama Pandemi Covid-19,   adapun pembicara dalam webinar ini yaitu Prof. Linda McGowan dari Leeds University UK, dan juga Sutarni Djufri, S.ST., MMR yang merupakan alumni Unisa Yogya dan sekaligus tenaga medis di Puskesmas Pleret Bantul.

Dalam kesempatan kali ini Sutarni berbagi pengalamanya selama pelayanan di tengah situasi pandemi Covid-19 di Puskesmas Pleret Bantul, menurut Sutarni pada kondisi seperti ini banyak masyarakat takut untuk pergi ke tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit karena ketidak percayaan masyarakat kepada para tenaga kesehatan, serta ketakutan mereka akan tertular virus corona.

“Saat penyuluhan kepada masyarakat mengenai virus corona, tidak sedikit dari mereka yang menolak dan menentangnya, tetapi itu tidak membuat kami patah semangat karena kami ada ditengah masyarakat untuk membantu mereka,” ucap Sutarni.

Sutarni dan tim medis lainya mempunya komitmen bahwa semua yang mereka lakukan dengan senang hati dengan prinsip mengutamakan kepentingan dan keselamatan masyarakat.

Sedangkan Prof. Linda memberikan paparanya kepada peserta bahwa pekerjaan bidan didalam masa pandemi ini merupakan suatu hal atau kondisi yang baru untuk kita semua, karena para bidan bekerja dibawah bayang- bayang infeksi penyakit yang sangat menular.

“Wajar jika beberapa dari kita merasakan stress yang luar biasa, dan distress emosi lebih dari biasanya pada saat pelayanan,” tutur Linda.

Linda menambahkan bahwa ada tips merawat diri dan psikologis kita sebagai tenaga kesehatan selama pandemi yaitu dengan cara kita mengatasi masalah yang sudah pernah kita alami sebelumnya, menceritakan masalah dengan keluarga dekat maupun teman, dan yang terakhir dengan melakukan apa yang kita sukai seperti hobi, baik dengan berolahraga maupun sesuatu yang menyenangkan.

Webinar ke-1 ini dihadiri oleh 500 peserta di media Zoom, dan juga disaksikan oleh 19000 melalui media streaming Youtube Unisa Yogyakarta.

QR Code

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *