Unisa Yk Menjadi Tuan Rumah Rakernas AIPKEMA 2021

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah `Aisyiyah  (AIPKEMA) menunjuk Universitas `Aisyiyah Yogyakarta sebagai tuan rumah kegiatan yang dilakukan secara daring, dari tanggal 6 -7 April 2021.

Rakernas tahun ini yang harusnya diadakan di Yogyakarta, akhirnya diadakan melalui platform Zoom, dikarenakan kondisi dan situasi pandemi Covid-19 yang belum reda, maka panitia memutuskan untuk mengadakanya secara daring dengan memilih tema Mempertahankan Kualitas Pendidikan Bidan dimasa Pandemi Covid-19, menjadi tema Rakernas AIPKEMA 2021.

Dr. Sulistyaningsih, S.KM., MH.Kes selaku perwakilan dari Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat `Aisyiyah menyampaikan dalam sambutanya perlunya sinergitas antara perguruan tinggi Muhammadiyah `Aisyiyah dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan kebidanan.

“Kita tidak hanya akan mengejar akreditasi Nasional akan tetapi juga akreditasi Internasional, selain untuk kualitas program studi masing-masing perguruan tinggi, kita juga turut membantu pemerintah dalam mencapai target indikator utama,” ucap Sulis.

Kegiatan Rakernas di hari pertama menghadirkan narasumber Prof. Dr. Mohammad Hakimi, SpOG, PhD yang merupakan konsultan program studi Magister Kebidanan Unisa Yogya. Hakimi memaparkan tentang Case Study dan Case Report dalam praktik kebidanan, yang dihadiri oleh 185 peserta dari seluruh perguruan tinggi Muhammadiyah `Aisyiyah seluruh Indonesia.