PROFIL PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK S1
Program studi administrasi masuk dalam kluster rumpun ilmu sosial dan politik. keIlmuan administrasi mempelajari mengenai keilmuan pengelolaan organisasi baik pemerintah maupun non pemerintah yang bertujuan untuk menyelesaikan persoalan publik. Prodi Administrasi Publik lebih banyak mempelajari mengenai perumusan dan proses implementasi suatu tata kelola administrasi suatu organisasi baik pemerintahan maupun non pemerintahan. Dalam perkembangan wacana keilmuwan yang ada terjadi pergeseran paradigma negara menuju publik. Hal ini berdampak pada proses penamaan sebuah institusi atau lembaga termasuk jurusan atau prodi. Beberapa institusi perguruan tinggi di beberapa daerah di Indonesia masih ada yang mempergunakan kata Negara dalam penamaan studi keilmuan Administrasi, tetapi ada juga yang sudah mempergunakan kata Publik maupun Manajemen Kebijakan Publik. Hal ini merupakan suatu pilihan mengingat era reformasi memberikan dampak pada adanya pergeseran paradigma yang tidak lagimenempatkan negara sebagai kekuatan dominan tetapi negara harus berbagai peran bersama rakyat atau publik.
Program studi Administrasi Publik UNISA mencoba membuka keilmuan dengan lebih mengedepankan kata publik dibanding Negara dengan asumsi bahwa keilmuan administrasi tidak lagi mempelajari keilmuan pada organisasi pemerintahan tetapi lebih luas akan mempelajari mengenai keilmuan organisasi non pemerintahan yang mana organisasi tersebut juga akan membantu pemerintah didalam mewujudkan pelayanan dan tata kelola organisasi yang baik untuk masyarakat luas. Selain itu administrasi publik UNISA berfokus pada isu-isu kebijakan publik, khususnya kebijakan kebijakan. Program studi Administrasi Publik UNISA juga berlandaskan nilai-nilai Islam sehingga didalam pembelajarannya akan menempatkan Al Qur’an dan Hadist sebagai landasan berfikir dan bertindak dalam menciptakan tata kelola administrasi organisasi yang profesional.
- VISI PROGRAM STUDI
Menjadi program studi Ilmu Administrasi Publik pilihan masyarakat yang unggul, berwawasan kesehatan dan berbasis nilai-nilai Islam Berkemajuan.
- MISI PROGRAM STUDI
Untuk mewujudkan visi program studi, misi Program Studi Administrasi Publik adalah sebagai berikut:
- Menyelenggarakan Pendidikan Administrasi Publik Strata Satu yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat;
- Menyelenggarakan kegiatan penelitian yang dapat berkontribusi terhadap penyelesaian persoalan publik;
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendorong terciptanya kemandirian masyarakat;
- Mengembangkan laboratorium Administrasi Publik yang berfokus pada kebijakan kesehatan;
- Mengembangkan sumber daya manusia yang professional, berintegritas, dan berperilaku hidup islami;
- Mengembangkan kerjasama dengan institusi publik maupun privat.
- KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI
No | PROFIL | DESKRIPSI |
1 | Manager | Sarjana yang mampu merencanakan, merumuskan, melaksanakan, mengelola dan mengevaluasi suatu kegiatan di dalam organisasi public maupun privat dengan berbasis nilai-nilai islam |
2 | Peneliti | Sarjana yang mampu merumuskan, merencanakan, melaksanakan, mengelola penulisan dan pelaporan dalam kegiatan penelitian di bidang kesehatan yang menjunjung tinggi etika akademik serta berbasis nilai-nilai islam |
3 | Praktisi | Sarjana yang mampu memberikan pendampingan dalam kegiatan pembangunan, pemberdayaan masyarakat, pengelolaan pelayanan sosial dasar demi terwujudnya peningkatan kapasitas organisasi serta mendorong terciptanya sumber daya manusia yang berbasis nilai-nilai islam |
4 | Enterpreneur | Sarjana yang mampu berorientasi pada tindakan, berpikir simpel, mencari dan mengejar peluang usaha yang terbaik dengan disiplin tinggi, mampu mengambil keputusan secara tepat berlandaskan nilai-nilai Islam |
- KEUNGGULAN PROGRAM STUDI
Program Studi Administrasi Publik diharapkan menghasilkan profil lulusan yang mempunyai kompetensi dalam hal pengelolaan dan Administrasi Publik organisasi publik. Pengelolaan berkait dengan kepentingan publik (public interest) dan urusan publik (public affair). Lulusannya selain dibekali dengan pengetahuan dan skill pengelolaan organisasi publik juga dibekali dengan landasan etika keislaman yang kuat sehingga lulusan Administrasi publik diharapkan memiliki kapasitas keilmuwan administrasi publik yang unggul dan profeional serta mempunyai integritas yang baik. Kapabilitas dan integritas menyatu menjadi satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan dari prodi administrasi publik. Sebagai universitas yang didirikan oleh organsiasi perempuan Islam modern, maka landasan etika khususnya etika Islam akan ditanamkan sangat kuat. Dimensi moralitas khususnya moralitas publik akan dikedepankan dalam proses menghasilkan sarjana Administrasi Publik yang berkualitas.
UNISA sebagai hasil pengembangan dari STIKES Aisyiyah Yogyakarta, yang berfokus pada dimensi kesehatan, maka arahan Program Studi Administrasi Publik akan mengarah pada pengelolaan isu-isu kebijakan kesehatan sebagai salah satu fokus kajiannya. Studi-studi kasus kebijakan dan laboratorium kebijakannya akan banyak mengkaji kebijakan layanan kesehatan baik lembaga penyedia maupun masyarakat pengguna. Hal ini akan menjadi keunggulan dan karakteristik prodi Administrasi Publik UNISA Yogyakarta dan pada masa depan akan menjadi kekuatan penggerak dalam pengembangan SDM dan ilmu pengetahuan yang berbasiskan nilai-nilai Islam yang berkemajuan demi peradaban utama.
- TUJUAN PENDIDIKAN
Menghasilkan sarjana lulusan Administrasi Publik yang profesional dan berintegritas, berbasis nilai-nilai Islam yang berkemajuan bagi peradaban utama.
Menjadi Program studi Administrasi Publik yang berfokus pada kebijakan kesehatan.
Mewujudkan penyelenggaraan kegiatan penelitian yang dapat berkontribusi terhadap penyelesaian persoalan publik;
Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang mendorong terciptanya kemandirian masyarakat;
- SISTEM PENDIDIKAN
Sistem Pembelajaran pada pendidikan S1 Administrasi Publik UNISA sudah menerapakan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT 2016) yang mana merupakan program untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi yang setara dengan kualifikasi yang didasarkan pada tingkat kemampuan yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran (learning outcomes). Kurikulum pada jenjang s1 AP dirancang sesuai dengan perkembangan jaman sehingga lulusan yang ada nantinya tidak hanya terbatas pada lembaga pemerintah tetapi juga non pemerintah yang bergerak dalam pelayanan publik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
- METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang digunakan prodi Administrasi Publik dalam proses pembelajaran menggunakan Student Center Learning (SCL) yaitu suatu model pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat dari proses belajar. SCL diperlukan karena konsekuensi penerapan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT 2016) , SCL juga diperlukan untuk mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan dalam bidang sosial, politik, ekonomi, teknologi dan lingkungan, yang menyebabkan informasi dalam buku teks dan artikel-artikel yang ditulis lebih cepat kadaluarsa. Selain itu, di masa mendatang, dunia kerja membutuhkan tenaga kerja yang berpendidikan baik, yang mampu bekerja sama dalam tim, memiliki kemampuan memecahkan masalah secara efektif, mampu memproses dan memanfaatkan informasi, serta mampu memanfaatkan teknologi secara efektif dalam pasar global, dalam rangka meningkatkan produktivitas. Oleh sebab itu, proses pembelajaran harus difokuskan pada pemberdayaan dan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berbagai aspek ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Mahasiswa sebagai subyek pembelajaran, yang perlu diarahkan untuk belajar secara aktif membangun pengetahuan dan keterampilannya dengan cara bekerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait.
Metode-metode pembelajaran yang digunakan dalam SCL adalah small group discussion, simulation, case study, discovery learning (DL), self directed (learning (SDL), cooperative learning (CL), collaborative learning (CBL), contextual instruction (CI), project based learning (PJBL) dan Problem based learning an Inquiry (PBL).