PROFIL PRODI KOMUNIKASI S1

 
Program Studi Komunikasi Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Humaniora Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) berdiri pada 10 Maret 2016 dengan Nomor SK Penyelenggaraan 109/KPT/I/2016. Nomor SK Penyelenggaraan adalah 109/KPT/I/2016. Prodi Komunikasi UNISA menjalankan fungsinya sebagai institusi pendidikan tinggi, yang berlandaskan pada Undang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila sebagai falsafah bangsa dan ideologi negara yang menjalankan fungsinya berdasarkan akidah Islam yang bersumber pada Al-Quran dan As-Sunnah.
Program Studi Komunikasi UNISA juga melaksanakan tugas Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat  serta menerapkan pedoman perilaku Profesional-Qur’ani. Dalam percepatan implementasi fungsinya didukung dengan nilai-nilai organisasi, untuk mewujudkan cita-cita yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
 
Visi
Menjadi Program Studi Komunikasi yang unggul dalam bidang komunikasi sosial dan kesehatan, berdasarkan pada nilai-nilai Islam berkemajuan.
 
Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang komunikasi yang berwawasan kesehatan dan berbasis nilai-nilai Islam berkemajuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Mengembangkan sumber daya manusia yang profesional dan berkualitas untuk mendukung bidang komunikasi kesehatan pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan tata kelola program studi yang baik (good governance) dan amanah secara berkelanjutan.
  4. Menjadi center of excellence dalam bidang komunikasi sosial dan kesehatan.

 
Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan sarjana komunikasi yang berakhlak mulia, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, professional, berjiwa entrepreneur, dan menjadi kekuatan penggerak (driving force) dalam memajukan kehidupan bangsa.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah di bidang Komunkasi yang menjadi rujukan dalam pemecahan masalah.
  3. Menghasilkan karya inovatif dan aplikatif di bidang Komunikasi yang berkontribusi kepada pemberdayaan dan pencerahan.
  4. Terwujudnya good governance Program Studi Komunikasi yang amanah secara berkelanjutan.
  5. Menghasilkan pemikiran keislaman sebagai penguat moral, spiritual dalam implementasi Tri dharma Perguruan Tinggi.

 
Program Unggulan

  1. Health Communication
  2. Public Relations
  3. Journalism
  4. Advertising

Profil Lulusan

No. Profil Deskripsi
1 Manajer Sarjana Ilmu Komunikasi dengan kemampuan untuk merancang, mengorganisasi, melaksanakan, memantau dan mengevaluasi, dalam penanggulangan isu dan masalah komunikasi sosial dan kesehatan.
2 Praktisi Sarjana Ilmu Komunikasi dengan pengetahuan dan keterampilan yang dapat diterapkan secara praktis dalam pemanfaatan IPTEK, terutama mengenai isu dan masalah komunikasi sosial dan kesehatan.
3 Peneliti Sarjana Ilmu Komunikasi dengan pengetahuan dan kemampuan dalam merancang serta melaksanakan penelitian aplikatif, terutama mengenai isu dan masalah komunikasi sosial dan kesehatan.

 
Prestasi Mahasiswa Program Studi Komunikasi

  1. Juara 1 Putra Duta Genre UNISA a.n. Adam Fajar Nugraha
  2. Juara 2 Putri Duta Genre UNISA a.n. Aliefah Rachma Sarwedi
  3. Hafiz Al-Qur’an 23 juz a.n. Gilang Prianggi